FINAL TIK
1.
Tuliskan
langkah-langkah pembuatan blog!
Jawab:
Langkah-langkah pembuatan blog
1.
Untuk
memulai mendaftar blog di blogspot silahkan kunjungi alamat situs www.blogger.com.
2.
Jika
kamu sudah mempunyai alamat email di Gmail.com, Kamu
dapat langsung memasukkan alamat email gmail dan password kamu, kemudian
klik tombol masuk. Namun jika anda belum mempunyai alamat gmail maka anda harus
membuatnya dulu.
3.
Setelah
mengklil tombol masuk maka anda sudah masuk ke laman blogger. Klik “Blog Baru”
kemudian isi judul, alamat blog, dan template yang tersedia, lalu klik ”Buat
Blog”.
4.
Setelah
langkah-langkah di atas, blog kamu sudah berhasil di buat. Untuk menulis
posting silahkan klik tombol Pensil, sedangkan untuk melihat tampilan blog yang
masuk kosong (belum ada artikelnya) silahkan klik tombol lihat blog.
2.
Uraikan
model-model pembelajaran berbasis komputer!
Jawab:
Model-model
pembelajaran berbasis komputer, yaitu:
1.
MODEL DRILLS
Model drills adalah suatu model
dalam pembelajaran dengan jalan melatih siswa terhadap bahan pelajaran yang
sudah diberikan. Melalui model drills akan ditanamkan kebiasaan tertentu dalam
bentuk latihan. Dengan latihan yang terus menerus, maka akan tertanam dan
kemudian akan menjadi kebiasaan. Selain itu, untuk menanamkan kebiasaan, model
ini juga dapat menambah kecepatan, ketetapan, kesempurnaan dalam melakukan
sesuatu serta dapat pula dipakai sebagai suatu cara mengulangi bahan latihan
yang telah disajikan, juga dapat menambah kecepatan. Model ini berasal dari
model Herbart, yaitu model asosiasi dan ulangan tanggapan. Melalui model ini,
maka akan memperkuat tanggapan pelajaran pada siswa. Pelaksanaannya secara
mekanis untuk mengajarkan berbagai mata pelajaran dan kecakapan.
2. FLOWCHART MODEL DRILLS
Flowchart atau bagan alur adalah
bagan yang menunjukkan alur (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara
logika. Bagan alur (flowchart) digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi
dan untuk dokumentasi. Untuk menuangkan konten dan sistem pembelajaran berbasis
komputer kedalam program CBI dilakukan melalui bagan alur (flowchart) model
drills. Hal tersebut dilakukan agar alur kegiatan yang di tempuh dengan model
drills tampak jelas. Flowchart berupa alur dalam bentuk kotak-kotak dialog yang
memiliki makna dan arti tersendiri. Flowchart berisi tentang simbol-simbol
grafis yang menunjukkan arah alur kegiatan dan data-data yang dimiliki program
sebagai suatu proses eksekusi. Simbol-simbol dalam flowchart memiliki arti
tertentu yang telah dibakukan secara internasional, sehingga flowchart dapat
dibaca oleh semua programer yang ada didunia dan dapat di implementasikan ke
dalam program dengan menggunakan bahasa yang dikuasainya.
3. MODEL TUTORIAL
Program tutorial pada dasarnya sama dengan program bimbingan, yang
bertujuan memberikan bantuan kepada siswa agar dapat mencapai hasil belajar
secara optimal. Kegiatan tutorial ini memang sangat dibutuhkan sebab siswa yang
dibimbing melaksanakan kegiatan belajar mandiri yang bersumber dari modul-modul
dalam bidang studi tertentu. Itu sebabnya kegiatan ini sering dikaitkan dengan
program pembelajaran modular. Sistem pembelajaran ini direalisasikan dalam
berbagai bentuk, yakni pusat belajar modular, program pembinaan jarak jauh, dan
sistem belajar jarak jauh.
Kegiatan pembelajaran berbasis komputer (CBI) merupakan istilah umum untuk
segala kegiatan belajar yang menggunakan komputer, baik sebagian maupun secara
keseluruhan. Dewasa ini CBI telah berkembang menjadi berbagai model, mulai dari
CAI kemudian mengalami perbaikan menjadi ICAI (Intelligent Computer Assisted
Instruction) dengan dasar orientasi aktivitas yang berbeda muncul pula CAL
(Computer Aided Learning), CBL (Computer Based Learning), CAPA (Computer
Assisted Personalized Assigment), ITS (Intelligent Tutoring System).
4. MODEL SIMULASI
Model simulasi pada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran
yang bertujuan membeirkan pengalaman belajar yang lebih konkret melalui
penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana sebenarnya
dan berlangsung dalam suasana yang tanpa resiko. Model simulasi adalah model
CBI yang menampilkan materi pelajaran yang dikemas dalam bentuk
simulasi-simulasi pembelajaran dalam bentuk animasi yang menjelaskan konten
secara menarik, hidup dan memadukan unsur teks, gambar, audio, gerak dan paduan
warna yang serasi dan harmonis. Secara umum, tahapan materi model tutorial
adalah sebagai berikut: Pengenalan, Penyajian Informasi (simulasi 1, simulasi 2
dan seterusnya), Pertanyaan dan respons jawaban, Penilaian respons, Pemberian
feedback tentang respons, Pembetulan, Segmen Pengaturan Pengajaran, dan
Penutup.
5. MODEL INSTRUCTIONAL GAMES
Instructional games merupakan salah satu bentuk metode dalam pembelajaran
berbasis komputer. Tujuan instrucsional games adalah untuk menyediakan
pengalaman belajar yang memberikan fasilitas belajar untuk menambah kemampuan
siswa melalui bentuk permainan yang mendidik. Instructional games tidak perlu menirukan
realita, namun dapat memiliki karakter yang menyediakan tantangan yang
menyenangkan bagi siswa.
Instructional games dapat terlihat dengan mengenali pola pembelajaran
melalui permainan yang dirancang sedemikian rupa, sehingga pembelajaran lebih
menantang dan menyenangkan. Keseluruhan permainan memiliki komponen dasar
sebagai pembangkit motivasi dengan memunculkan cara berkompetisi untuk mencapai
sesuatu yang diharapkan, yaitu tujuan pembelajaran.
3.
Jelaskan
perbedaan pembelajaran berbasis internet dengan pembelajaran berbasis computer
dan berikan contoh masing-masing!
Jawab:
Pembelajaran
berbasis internet atau web merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang
menjadikan internet atau web sebagai salah satu media paling efektif dalam
kegiatan pembelajaran. Dan karena hal tersebut jugalah yang akhirnya menjadikan
model pembelajaran ini populer dengan nama pembelajaran e learning. Contohnya Seorang
peserta didik dapat belajar di manapun mereka berada dan kapan saja selama
tersedia koneksi internet. Dengan hal yang semacam ini maka kekakuan dari model
pembelajaran yang selama ini menjadi semacam penjara bagi para peserta didik
maka akan dihapus dengan model pembelajaran berbasis web ini. Pengajar dapat menyajikan materi secara online, memandu
siswa melalui aktivitas kelas dalam bentuk latihan, ruang diskusi/tanya jawab,
tugas, dan berinteraksi dengan teman sekelas secara online.
Sedangkan, Pembelajaran berbasis
komputer adalah merupakan pembelajaran dengan menggunakan software komputer (CD
pembelajaran) berupa program komputer yang berisi tentang muatan pembelajaran
meliputi: judul, tujuan, materi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Secara
konsep pembelajaran berbasis komputer adalah bentuk penyajian bahan-bahan
pembelajaran dan keahlian atau keterampilan dalam satuan unit-unit kecil,
sehingga mudah dipelajari dan dipahami oleh siswa. Contoh pembelajaran berbasis
computer adalah bentuk pembelajaran yang
menempatkan komputer sebagai piranti sistem pembelajaran individual, dimana
siswa dapat berinteraksi langsung dengan sistem komputer yang sengaja dirancang
atau dimanfaatkan oleh guru. Kontrol pembelajaran dalam pembelajaran berbasis
komputer sepenuhnya ada ditangan siswa (student center), karena pembelajaran
berbasis komputer menerapkan pola pembelajaran bermedia, yaitu secara utuh
sejak awal hingga akhir menggunakan sistem komputer (CD interaktif).
4.
Jelaskan
apa saja yang anda ketahui tentang E-learning beserta contohnya?
Jawab:
E-Learning adalah pembelajaran jarak
jauh (distance Learning) yang
memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau
Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui
komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi
mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami
sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet
di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-Learning tidak harus
didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet,
distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola
e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai
kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya pembelajar
dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada. Contohnya
memanfaatkan jasa teknologi elektronik di mana guru dan siswa, siswa dan sesama
siswa, atau guru dan sesama guru dapat berkomunikasi dengan relatif mudah
dengan tanpa dibatasi oleh hal-hal yang protokoler. kedua memanfaatkan
keunggulan komputer (Digital Media dan computer networks). ketiga menggunakan
bahan ajar bersifat Mandiri disimpan di komputer sehingga dapat diakses oleh
guru dan siswa kapan saja dan dimana saja bila yang bersangkutan memerlukannya.
Keempat memanfaatkan jadwal pembelajaran kurikulum hasil kemajuan belajar dan
hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat
di komputer
5.
Jelaskan
manfaat TIK sebagai sarana bagi seorang pendidik dan peserta didik?
Jawab:
Manfaat TIK bagi seorang
pendidik, pertama penggunaan teknologi informasi dan komunikasi memudahkan guru
untuk menggali informasi lebih dalam tentang materi pelajaran yang disampaikan.
Kedua, dengan teknologi informasi dan komunikasi yang dimanfaatkan guru dalam
mengajar akan memberikan stimulus kepada siswa untuk belajar dan menciptakan
kelas yang kondusif dan terkontrol. Pemanfaatan media ini membuat guru
tidak monoton, terpaku untuk menjelaskan suatu materi dari A sampai Z, sehingga
siswa pun terpaku mendengarkan saja apa yang dijelaskan guru. Ketiga, teknologi
informasi dan komunikasi yang dimanfaatkan guru dalam proses mengajar dapat
mengantarkan siswa mencapai berbagai prestasi. Adalah tugas seorang guru,
pengajar untuk membimbing siswa, membantu siswa mengembangkan apa yang mereka
punya dan apa yang mereka bisa. Guru yang mobile dengan
teknologi informasi dan komunikasi akan memungkinkan mereka untuk mendapatkan
sebanyak-banyaknya akses informasi yang bisa digunakan untuk mengarahkan kemana
bakat yang dimiliki peserta didiknya. Keempat, penggunaan TIK dalam proses
mengajar dapat mengenalkan peserta didik dengan “dunia luar”. Penerapan
teknologi informasi dan komunikasi dalam mengajar khususnya sekolah yang
terletak di daerah merupakan suatu hal yang harus di up grade.
Hal ini dikarenakan melalui teknologi informasi dan komunikasi yang dipakai
guru dalam mengajar bisa mengenalkan pada peserta didik hal-hal mengenai dunia
di luar lingkungan sekitar yang lebih dulu mengalami perkembangan, kemajuan
dibanding dengan daerah setempat. Sehingga pengetahuan mereka tidak hanya
terbatas pada lingkungan mereka saja.
Manfaat tik bagi peserta didik
yaitu Pertama, pelajaran TIK juga mempermudah siswa dalam mengenal internet dan
memafaatkannya untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, maupun saudara yang
jauh, bahkan mereka bisa berkomunikasi dengan orang yang berada di berbagai
belahan dunia tanpa mengalami kesulitan seperti menggunakan jejaring sosial
Facebook, Twitter, YM, dll. Kedua, dengan adanya palajaran TIK siswa dapat
dengan mudah menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas yang berhubungan
dengan pengolahan angka, pengolahan kata, presentasi, dll. Ketiga, mengembangkan
kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk
mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan
sehari hari. Keempat, memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan
mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani
aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri. Kelima,
mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran
dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam
berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama. Keenam,
dengan adanya pelajaran TIK yang diberikan kepada siswa, maka siswa dapat
memfungsikan komputer dan internet secara maksimal sebagai media belajar yang
efektif. Ketujuh, siswa mempunyai pengetahuan yang luas tentang dunia luar seta
informasi dari berbagai belahan dunia secara cepat mudah dan murah melalui
internet. Kedelapan, pelajaran TIK menjadi bekal bagi siswa dalam menempuh masa
depan yang semakin deras dengan arus globalisasi dan perkembangan tekhnologi
yang semakin canggih.
Komentar
Posting Komentar