Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Penilaian Pembelajaran

Penilaian adalah proses sistematis pengumpulan, pengolahan, dan pengambilan keputusan atas data tentang suatu objek untuk selanjutnya dipertimbangkan pemberian nilai atas objek tersebut berdasarkan pada suatu kriteria tertentu. Penilaian tidak bisa dilakukan tanpa adanya sejumlah data yang memadai mengenai objek yang akan di nilai. Melalui data yang lengkap inilah kita bisa mengamati dan mengenali objek dengan baik, sehingga pada tahapan selanjutnya kita punya gambaran untuk memberikan pertimbangan nilai.

Pemberian nilai itu sendiri, tidak dilakukan secara sembarangan tanpa adanya kriteria yang jelas. Penentuan apakah suatu objek itu baik atau tidak baik, lulus atau tidak lulus, merujuk pada suatu kriteria yang jelas. Dengan demikian, dari uraian di atas bisa kita pahami, setidaknya ada tiga komponen utama dalam penilaian, yaitu adanya objek yang dinilai, adanya pertimbangan, dan adanya

kriteria.

Dalam evaluasi pembelajaran, yang menjadi objek penilain adalah proses dan hasil belajar. Substansinya adalah sejauh mana proses pembelajaran dilakukan oleh guru dan siswa dan sejauh mana tujuan-tujuan pembelajaran dicapai siswa. Dengan demikian, dalam evaluasi pembelajaran data yang harus dikumpulkan adalah data tentang aktivitas pembelajaran dandata hasil belajar. Data hasil pembelajaran lebih banyak berupa data kualitatif, sedangkan data hasil belajar lebih banyak yang bersifat kuantitatif, berupa angka.

Dalam pengolahan data kualitatif, biasanya banyak dilakukuan secara subjektik oleh guru, dengan bersandar pada ilmu pengetahuan dan sains pendidikan yang dimilikinya. Sedangkan data kuantitatif berupa angka-angka, dan pengolahan analisisnya menggunakan alat bantu sistem operasi matematik atau statistik. Sekaitan dengan pengolahan dan analisis data berupa angka (numerik), dewasa ini kita bisa menggunakan salah satu program aplikasi komputer, yaitu program pengolah angka. Salah satu program yang bisa digunakan untuk mengolah data angka tentang proses dan hasil belajar yaitu program microsoft excel.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagiandari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua yang teknologi berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi (Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006: 6).

Teknologi informasi juga adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis,dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Tidak diragukan lagi peran TIK sangat berguna dan hampir selalu diterapkan dalam kehidupan kita baik untuk mempelajarinya maupun untuk menyelesaikan masalah. Untuk itu agar dapat menjalankan sistem atau operasi TIK dengan baik, diperlukan tenaga

operasional yang handal dalam mengontrol sistem kerja peralatan TIK tersebut. Hal inilah yang mendasari pentingnya mempelajari TIK.

Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dantransfer atau pemindahan informasi antarmedia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Berbasis WEB (E-Learning)

Belajar dan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Guru dan Siswa